Begini Teknik-Teknik Pengumpulan Data yang benar
Teknik-teknik pengumpulan data terdiri dari beberapa cara, dan di artikel ini saya akan membahas teknik-teknik yang umum digunakan dan kebetulan teknik-teknik ini juga sudah sesuai kaidah ilmu pengetahuan sistem informasi.
Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait bagaimana teknik pengumpulan data yang benar, di artikel ini sudah saya rangkum dengan format pertanyaan-jawaban agar teman-teman bisa memahaminya lebih baik.
1. Jelaskan teknik-teknik yang dapat digunakan di dalam Pengumpulan Data. Dari teknik-teknik tersebut, teknik manakah yang paling baik digunakan. Sebutkan alasannya! Dan sebutkan pula kelebihan serta kekurangan dari masing-masing teknik pengumpulan data tersebut!
Jawaban: Pengumpulan data dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:
- Studi kepustakaan sumbernya dari buku, majalah, naskah, kisah sejarah, dan dokumen.
- Angket dilakukan dengan cara menyebarkan sejumlah kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk dijawab oleh responden
- Wawancara berbicara langsung pada narasumber untuk memperoleh informasi yang ingin diperoleh
- Observasi Memperhatikan sesuatu dengan menggunakan panca indera.
- Tidak memerlukan hadirnya peneliti.
- Dapat dibagikan secara serentak kepada responden.
- Dapat dijawab oleh responden menurut kecepatannya masing-masing menurut waktu senggang responden.
- Dapat dibuat anonim sehingga responden bebas, jujur dan tidak malu-malu menjawab.
- Dapat dibuat berstandar sehingga semua responden dapat diberi pertanyaan yang benar-benar sama.
- Responden sering tidak teliti dalam menjawab sehingga ada pertanyaan yang terlewati tidak terjawab, padahal sukar diulangi diberikan kembali padanya.
- Seringkali sukar dicari validitasnya
- Walaupun dibuat anonim, kadang-kadang responden sengaja memberikan jawaban yang tidak betul atau tidak jujur
- Angket yang dikirim lewat pos pengembaliannya sangat rendah, hanya sekitar 20%. Seringkali tidak dikembalikan tertutama jika dikirim lewat pos menurut penelitian
- Waktu pengembaliannya tidak sama-sama, bahkan kadang-kadang ada yang terlalu lama sehingga terlambat.
No. |
Hari/Tanggal/ Jam melaksanakan teknik Wawancara
|
Narasumber (sebutkan jabatan serta posisi) |
Daftar Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
06 Desember 2020 |
Yono Maulana |
Bagaimana proses bisnis di perusahaan anda ? |
User mengunjungi website, lalu melakukan booking, mengisi informasi data pembooking kemudian bayar dan verifikasi sistem. |
|
06 Desember 2020 |
Yono Maulana |
Data apa saja yang digunakan di dalam proses bisnis perusahaan anda? |
Pelanggan, Produk, Hotel, Conventions. |
|
06 Desember 2020 |
Yono Maulana |
Bagaimana implementasi data analitik terhadap data yang sudah besar nanti ? |
menggunakan google analytic dan analitik manual yang dipasang di sistem |
2. |
06 Desember 2020 |
Darsono |
Tema seperti apa yang ingin digunakan dalam aplikasi ini ? |
Tema yang modern dan flat style |
|
06 Desember 2020 |
Darsono |
Apa hal yang ingin di tonjolkan terutama pada sisi warna pada aplikasi ini ? |
Warna biru yang melambangan kedalaman, stabilitas dan kepercayaan. |
|
06 Desember 2020 |
Darsono |
Jenis Aplikasi apa yang ingin anda buat ? jelaskan alasannya! |
Aplikasi booking hotel |
3. |
05 Desember 2020 |
Zul Halim |
Metode apa yang ingin digunakan selama proses development ? |
Metode agile |
|
05 Desember 2020 |
Zul Halim |
Database yang digunakan ingin menggunakan apa dan jelaskan alasannya |
MySQL, karena open source dan populer |
|
05 Desember 2020 |
Zul Halim |
Model penginputan data ingin manual atau by template form ? |
Dua duanya harus ada, jadikan opsional. |
- Pengamatan digunakan untuk penelitian dan telah direncanakan secara sistematik.
- Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah direncanakan..
- Pengamatan tersebut dicatat secara sistematis dan dihubungkan dengan proposisi umum dan bukan dipaparkan sebagai suatu set yang menarik perhatian saja
- apa yang akan diobservasi;
- dimana letak lokasi observasi;
- kapan observasi akan dilakukan;
- siapa yang melaksanakan observasi ini;
- siapa yang akan diobservasi;
- bagaimana melaksanakan observasi ini.
- Minta ijin terlebih dahulu dari manajer atau pegawai-pegawai yang terlibat
- Bertindaklah Dengan rendah hati (low profile)
- Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung
- Kaji-ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang terlibat
- Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah disediakan
- Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan
- Check-off
questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga
responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai
Contoh :
Daftar supplier :
- PT. Shindengen
- PT. Keihin
- PT. Honda Lock Indonesia
- PT. Kayaba
- PT. Showa
- Yes/No questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.
Contoh:
- Ya
- Tidak Bila tidak, sebutkan siapa saja yang berhak………..
- Opinion/Choice questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
- membuat order penjualan baru
- membuat order penjualan
- membuat faktur penjualan
- Marketing
- Personlia (HRD)
- EDP (Electronic Data Processing)
- Marketing : Apa teknik yang dilakukan untuk melakukan digital marketing sebuah perusahaan hotel ?
- Personalia(HRD) : Bagaimana cara anda mengamati kepribadian seseorang dalam satu kali pertemuan ketika interview ?
- EDP (Electronic Data Processing) : Bagaimana mengatasi Big Data ketika aplikasi tersebut sudah full storage bahkan sampai tidak bisa input data lagi ? apa solusinya?
Comments
Post a Comment